8 Keyword Tool Gratis Yang Bisa Kalian Gunakan Untuk Riset Kata Kunci,  Kemarin Sempat Update Cara melakukan Fetch As Google dengan Benar  dan pada kesempatan kali ini saya akan share cara terbaik untuk bersaing di hasil pencarian Google adalah dengan langkah pertama Anda harus melakukan riset keyword terlebih dahulu sebelum membuat sebuah konten yang cukup bagus kualitasnya di mata pencarian Google. Banyak sekali para blogger melakukan riset keyword dengan bantuan sperti Keyword Planer, Google Trends ataupun Semrush.

8 Keyword Tool Gratis Bisa Yang Kalian Gunakan Untuk Riset Kata Kunci
Keyword Tool

Namun di samping itu ada lagi situs yang di gunakan untuk meriset sebuah keyword dengan gratis dan bsia mengetahui seberapa tinggikah persaingan di mata pencarian Google, untuk itu saran dari saya apabila Anda saat mau membuat sebuah artikel atau konten lakukanlah riset keyword terlebih dahulu. Fungsi dari riset keyword adalah agar kita bisa mengetahui niche blog yang sedang ramai di cari di Google, dengan bantuan situs penyedia riset keyword maka Anda akan sangat mudah sekali bisa mendapatkan page utama Google asalkan optimasi SEO juga di lakukan saat membuat konten.

8 Keyword Tool Gratis  Untuk Riset Kata Kunci


1# Keywordtool.io
Salah satu tools yang paling booming yang dipakai banyak oleh internet marketing di dunia. Maupun para praktisi seo juga merekomendasikan tools ini untuk kita gunakan. Apa lagi, para developer keywordtool.io terus mengembangkan tools ini sedemikian rupa hingga sekarang telah tersedia alat riset keyword Google, Bing, Youtube, Amazon, eBay dan Appstore.

Tools Riset keyword gratis ini menyediakan dua pilihan. Ada versi gratis dan juga ada versi premium atau berbayar. Tentunya dengan data yang lebih akurat dengan volume data keyword untuk versi berbayar. Juga, menyediakan layanan akses API. Jika kamu seorang praktisi seo dan pengembang, kamu bisa menggunakan API tools ini.

2# SERPs
Tools yang satu ini terbilang cukup simple namun tetap bisa membantu kamu untuk mencari keyword yang tepat. Apa lagi hasil dari tools ini untuk cara mencari keyword turunan sangat membantu. hasilnya pun cukup memuaskan. walau memang hasil yang dikeluarkan tools tersebut terbatas.

Baca Juga: 5 Langkah Agar Postingan Menempati Urutan Pertama Google

Kamu bebas mencari keyword turunan atau mencari long tail keyword menggunakan tools yang satu ini. Silahkan gunakan semaksimal mungkin mendapatkan hasil terbaik.

3# Google Suggest
Google Suggest merupakan salah satu cara cepat namun sangat akurat dalam mencari keyword. Namun faktanya, banyak para internet marketer tidak mengetahui hal ini. Google Suggest tercipta bukan tanpa sebab, Google Suggest muncul ketika banyak orang yang telah mencari keyword tersebut dengan berbeda IP. Jadi pada intinya, Google Suggest tidak tercipta begitu saja oleh Google.

Menariknya, kamu juga bisa melihat banyak related keyword dari hasil pencarian Google. Hampir sama dengan Suggest, Related keyword juga muncul dengan proses sama seperti Google Suggest. Artinya, keyword tersebut memang benar-benar ada dicari/diketikan oleh orang lain. Namun untuk volumenya kamu bisa menggunakan GKP untuk data lengkapnya.

4# Google Keyword Planner
Google Keyword Planner merupakan tools yang sangat powerfull milik Google. Tools ini tentunya gratis bisa kamu pergunakan dengan sesuka hatimu. Apa lagi yang satu ini merupakan milik Google, tentu data yang dihasilkan lebih akurat dari tools-tools lainnnya. Namun bukan berarti tools lain tidak akurat.

Artikel Terkait: 6 Cara Efektif Meningkatkan Pageview

Kamu bisa research keyword untuk bisnis kamu disini. Mencari data keyword yang paling pass dan cocok untuk bisnis kamu, melihat volume pada keyword tersebut dan melihat tingkat persaingannya. Keunggulan lainnya oleh GKP ialah diintegrasikannya ke Google Adwords milik Google. Untuk cara menggunakan google keyword planner nantinya akan kita bahas secara lengkap di postingan selanjutnya.

5# UberSuggest
UberSuggest merupakan tools riset long tail keyword kesukaan penulis. Tools ini sebenarnya mirip dengan Google suggest. Namun, di Ubbersuggest, kamu bisa memilih long tail keyword yang kamu inginkan. Misalnya, jika kamu kesusahan untuk mengejar kata kunci “Jual Kaos Murah”. Maka kamu dapat mencari long tail keyword di Ubbersuggest dan ketemulah keyword “Jual Kaos Murah meriah”.

Kamu bisa mengambil semua long tail keyword yang kamu cari menggunakan Ubersuggest dengan mendowload filenya atau mengklik view all. Namun yang perlu kamu perhatikan. Tidak semua keyword tersebut bisa kamu gunakan. beberapa diantara hasilnya ada yang “bad keyword” untuk kamu gunakan. Jadi, filterlah sebelum menggunakan hasilnya.

6# KWFinder
Fitur KWFinder cukup lengkap. Kamu bisa melihat keyword yang kamu incar, Volume keyword tersebut, PPC, CPC, Trend serta menganalisa posisi SERP pada keyword tersebut. Cukup lengkap memang, Namun untuk versi gratisnya kamu dibatasi. Perlu mengupgrade akun ke premium untuk melihat lebih banyak fitur yang super lengkap. Kamu juga bisa mengetahui bagaimana cara mencari keyword turunan menggunakan tools gratis ini.

Kamu juga bisa mencari kata kunci terbanyak di google dengan menggunakan tools yang satu ini. Dengan keyword yang masih berkaitan dengan patokan jumlah volume yang beragam. Jadi, kamu bisa menentukan mana kata kunci hasil riset yang harus kamu gunakan. Lihat contoh dibawah.

7# Wordstream Free Keyword Tool
Pada dasarnya tools yang satu ini versi berbayar. Namun kamu juga bisa menikmatinya untuk versi gratis. Seperti biasanya pastinya fitur-fitur premium untuk cara mencari keyword yang tepat tertutup. Kamu harus mengupgrade akun untuk menikmatinya.

Artikel Lainnya: Hal Negative Yang Perlu Dihindari Para Blogger

Kendati demikian, Fitur gratis di WordStream keyword tools ini juga bisa kamu nikmati. Kamu bisa melihat keyword suggest yang saling berkaitan dengan keyword utama kamu. Kamu juga bisa melihat volume hasil pencarian keyword tersebut di Google. Jika kamu menggunakan akun premium, pastinya kamu bisa melihat data yang lebih lengkap seperti kompetitor, CPC dan Opportunity Score secara real time di tools ini.

Pada tahap ini, seharusnya kamu sudah bisa melakukan.
⚫ Menentukan keyword/kata kunci sendiri
⚫ Mencari keyword untuk konten website
⚫ Memilih dan Memfilter kata kunci yang relavan
⚫ Menggunakan tools-tools gratis untuk riset kata kunci
⚫ Mengimplementasikan keyword hasil riset di website

8#  MOZ Keyword Explorer
MOZ merupakan salah satu perusahaan rujukan untuk masalah SEO. Bahkan, MOZ juga menjadi salah satu rujukan Google untuk Authority yang merupakan aspek penting penilaian Google untuk peringkat di SERP. MOZ sendiri memiliki banyak tools, software untuk urusan SEO. salah satunya MOZ Keyword Explorer.

Pada dasarnya tools yang satu ini berbayar. Namun kamu bisa menikmatinya gratis 30 hari dan menggunakannya gratis namun dengan fitur yang dibatasi. Namun menurut kami, google keyword tool indonesia ini kurang begitu powerfull untuk kata kunci Indonesia. Data volume kurang lengkap jika kita mencari keyword berbahasa indonesia. Namun ada juga yang lengkap untuk keyword tertentu.

Kelebihan

Salah satu kelebihan riset keyword gratis menggunakan tools ini ialah memungkikannya kita menganalisa kompetitor di SERP secara langsung. Seperti DA & PA website-website yang berada di top 10 google dengan keyword yang kamu cari.

Ingatlah bahwa perencanaan kata kunci adalah suatu hal yang bersifat kontinu atau terus-menerus berkembang, serta memiliki proses yang berkelanjutan. Jika bisa mendapatkan kata kunci yang ‘tepat’,  hal tersebut dapat membawa keuntungan dan kesuksesan dalam pemasaran Anda. Masih banyak tools gratis atau alat untuk riset kata kunci, tapi yang telah disebutkan di atas tadi adalah beberapa dari sekian banyak yang paling direkomendasikan oleh para pakar pebisnis online.

Post a Comment

Previous Post Next Post