Cara menentukan niche yang bagus untuk blog - Saya sangat yakin kalau anda adalah seorang yang tidak punya keahlian tapi ingin membuat blog, makanya sibuk kesana kemari mencari cara untuk menentukan niche blog. Maaf kalau tebakan saya benar, kalau anda seseorang yang punya keahlian, tidak mungkin sampai mampir ke artikel ini. Karena orang yang punya keahlian, ketika berniat membuat blog, tidak perlu mencari niche, tapi akan langsung menulis tentang sesuatu yang dia kuasai.

Cara Menentukan Niche Blog Yang Bagus

Tapi tenang, artikel ini akan memberikan solusinya untuk anda, nanti setelah anda selesai membaca artikel ini, saya yakin anda akan segera memulai membuat blog, dan anda akan dengan mudah bisa menentukan atau memilih niche apa yang cocok untuk blog anda.

Artikel Terkait: Cara Natural Meningkatkan Atau Mendapatkan Visitor Organik

Rasanya saya tidak perlu bertanya, mengenai untuk tujuan apa anda membuat blog, karena sudah pasti tujuan anda ingin bisa menghasilkan uang dari blog. Itu realita khusus untuk orang yang tidak punya keahlian tertentu tapi ingin membuat blog.

Artikel Terkait: 15 Tips Agar Halaman Blog Terlihat Tampil Lebih Profesional

Berbeda dengan seseorang yang memiliki keahlian tertentu, pada awalnya mereka membuat blog untuk menyalurkan hobi kedalam sebuah tulisan, walau tetap pada akhirnya berpeluang bisa menghasilkan uang.

Seperti contoh blog saya ini, pada 4 bulan pertama, saya tidak berpikir kalau akhirnya blog yang saya buat dengan tujuan untuk berbagi ilmu seputar servis elektronik, bisa di terima oleh google adsense, dan alhamdulillah, saat ini sudah bisa menikmati hasil yang lumayan.


Kembali ke topik awal, yaitu bagaimana cara menentukan niche yang bagus untuk blog? Karena tujuan anda sudah nyata ingin mendapatkan penghasilan dari tulisan anda di blog, maka yang harus anda lakukan adalah menulis sesuatu yang paling dicari oleh banyak pengguna internet.

Nah kalau anda tidak tau tentang informasi apa yang paling banyak dicari oleh pengguna internet, yang nantinya bisa anda gunakan sebagai niche utama blog anda, simaklah penjelasan berikut ini.

Cara Menentukan Niche Yang bagus Untuk Blog

Cara menentukan niche yang bagus untuk blog agar bisa menghasilkan uang

Ada 4 (empat) hal yang harus anda lakukan, agar hasilnya benar-benar memuaskan, dalam artian, ketika nanti anda memutuskan untuk mengambil suatu niche, mampu mendatangkan banyak pengunjung ke blog anda.

4 (empat) poin yang saya maksud adalah:

  1. Mencari niche
  2. Meneliti niche
  3. Menentukan niche
  4. Mulai mengembangkan niche

Dan berikut ini penjelasannya...

1. Mencari niche
Karena anda tidak punya ide sendiri untuk membuat niche, langkah yang harus anda lakukan adalah mencari niche yang paling dicari pengguna internet, saya akan memberikan gambaran tentang niche yang sangat dibutuhkan saat ini oleh banyak orang, diantaranya:
  • Berita
  • Pendidikan
  • Teknologi
  • Elektronik
  • Komputer
  • Android
  • Tips dan tutorial
  • Search Engine Optimization

Segitu saja sudah cukup untuk bisa mendatangkan ribuan pengunjung ke blog anda nantinya, silahkan mulai menulis tentang 8 niche terbaik sepanjang masa yang saya sebutkan diatas.

Anda bingung? Sudah pasti karena dasarnya anda tidak punya keahlian. Tapi tidak usah bingung, anda tinggal intip situs-situ yang menulis tentang 8 niche tersebut, dengan cara tulis ulang atau Re-write.

Kalau anda tidak tau tentang arti kata Re-write, itu artinya tulis ulang atau bahasa paling sopan dari nyolong hasil karya orang lain, alias copy paste halus, alias pencuri yang tidak ingin disebut penjahat.

Anda tidak usah berkecil hati setelah membaca keterangan tentang arti kata Re-write. Toh ratusan ribu bahkan jutaan penulis blog melakukan hal yang sama. Yang perting katanya tidak boleh lebih dari 1% tingkat kemiripan artikel yang anda tulis dengan artikel yang anda curi.

Ini sub judulnya mencari niche tapi menjurus ke mencuri niche ya? Gak apa-apa, sah-sah saja, saya juga orang yang ke 700 juta yang menulis artikel seputar servis elektronik, yang membedakan adalah, kalau saya menulis berdasarkan pengalaman sendiri, kalau anda mungkin akan menulis sesuatu yang tidak anda pahami.

Setelah ketemu blog-blog yang menulis tentang 8 niche terbaik sepanjang masa sesuai dengan yang saya sebutkan tadi, silahkan mulai menulis postingan. Sebaiknya dalam mencari niche, anda harus memulai dari blog yang benar-benar baru, atau yang belum ada 1 buah pun postingan.

Buat 8 judul artikel berdasarkan 8 niche, tapi jangan dipublikasikan dalam waktu yang berjauhan, sebaiknya tulis dulu kedelapan judul niche, kalau sudah beres semuanya, silahkan publikasikan dalam menit yang sama.

Ingat harus dalam menit yang sama!

Kenapa harus dalam menit yang sama? Karena akan saya bahas dibagian kedua.

2. Meneliti niche
Menurut pengalaman dan pengamatan saya, ketika saya membuat sebuah blog yang banyak mengandung unsur niche, atau yang sering disebut dengan blog gado-gado, yang akan menonjol baik dalam search engine juga dalam mendapatkan trafik, tetap tidak akan lebih dari 1 niche.


Seperti contoh blog saya ini, memiliki beberapa niche, tapi yang rutin mendapatkan banyak trafik, tidak lebih dari 1 niche. Selebihnya hanyalah penambah trafik dan lebih ke hiburan saja, untuk bisa saling kunjungi dengan sesama penulis.

Nah yang harus anda lakukan setelah selesai membuat dan mempublikasikan kedelapan jenis niche yang saya sebutkan ditas tadi, adalah meneliti niche.

Caranya, perhatikan dalam beberapa hari, artikel mana yang mampu muncul di mesin pencari dengan posisi baik, dan artikel mana yang paling banyak mendapatkan trafik organik.

3. Menentukan niche
Setelah ketemu artikel mana yang paling mudah muncul dipencarian internet, dalam hal ini saya tekankan mesin pencari google, dan artikel mana yang paling banyak mendapatkan trafik, maka langkah yang harus anda lakukan adalah menetukan niche.

Muncul pertanyaan, harus pilih yang mana? apakah harus memilih yang mudah muncul dimesin pencari atau yang paling banyak mendapatkan trafik organik?

Jawabannya, pilihlah yang paling banyak mendapatkan trafik organik. Karena itulah yang cocok dengan domain blog yang anda buat.

4. Mulai mengembangkan niche
Nah setelah ketemu artikel yang paling banyak mendapatkan trafik organik dan sudah anda tentukan kalau artikel tersebutlah yang anda gunakan sebagai niche utama, langkah anda selanjutnya adalah mulai mengembangkan niche tersebut.

Agar bisa berkembang dengan cepat, maka anda harus belajar dari artikel yang tidak banyak mendapatkan trafik, tapi mampu muncul paling depan paling atas dimesin pencari. Silahkan amati baik-baik, lalu kembangkan niche yang anda ambil sebagai pilar, dengan cara mengupayakan setiap artikel dari niche blog anda bisa muncul paling atas dimesin pencari.

Artikel Terkait: Pedoman Meningkatkan Ranking Pada Search Engine

Selanjutnya bagaimana?

Selanjutnya ya terserah anda, karena artikel ini hanya membahas tentang bagaimana cara menentukan niche yang bagus untuk blog. Dan sudah saya jelaskan sesuai dengan hasil pengalaman saya ketika membangun beberapa blog yang saya kelola saat ini. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

Previous Post Next Post