Pengertian Apa Itu Backlink Dan Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink

Pengertian apa itu backlink dan bagaimana cara mendapatkan backlink, halo sobat pada kesempatan kali ini saya akan membagikan dan menjelaskan apa itu backlink serta cara mendapatkan backlink. Wajib bagi seorang blog/atau publisher untuk mencari backlink yang tujuannya sebagai penunjang SEO blog dan web, Backlink memang sangat dibutuhkan. Aktivitas mencari backlink ini dapat kita lakukan sehari-sehari dengan cara berkomentar dan saling bertukar link dengan sesama bloger (blogwalking)

Pernahkah anda berfikir bagaimana cara mendapatkan backlink dari situs www.google.com yang notabene nya adalah situs raksasa yang mempunyai pagerank sempurna, yaitu PR 10.

Mungkin anda mengira akan sulit untuk mencari backlink dari google apalagi sampai ribuan. Sebenarnya cara mencari backlink dari google tidaklah sesulit seperti yang kita pikirkan. asalkan kita mengetahui cara atau trik nya itu sendiri.

Apa itu Backlink ?

Penjelasan dasar tentang Backlink, Backlink memiliki peranan penting dalam SEO, Peranan backlink tidak bisa kalian pandang remeh. Sering kali para bloger-bloge pemula seperti saya kurang memahami apa itu backlink, tujuan, cara membuat, dan cara mendapatkan backlink. Namun untuk para senior blogger, praktisi seo dan yang sudah familiar di internet marketing tentu sudah paham seluk beluk tentang backlink. Untuk itu, mengetahui apa itu backlink, jenis-jenis, cara membuat dan mendapatkannya sangatlah penting untuk website pribadi anda maupun calon client.

Backlink juga dikenal sebagai link masuk, inbound link, inlink dan link balik adalah sebuah link yang masuk ke sebuah situs web atupun halaman web. Dalam terminologi dasar link backlink adalah link apapun yang diterima oleh sebuah node web (halaman web, direktori, situs web atau domain tingkat atas) dari node web lain.

Inbound link yang awalnya penting (sebelum munculnya search engine) sebagai dasar navigasi web hari ini, kepentingannya adalah terletak pada peringkat search engine optimization (seo). Jumlah backlink adalah salah satu indikasi popularitas atau pentingnya website atau halaman (misalnya, ini di gunakan google untuk menentukan PageRank dari halaman web). Di luar SEO, backlink halaman web mungkin kepentingan pribadi, budaya atau simantik signifikan. Mereka menunjukan siapa yang membuat perhatian ke halaman tersebut.

Lalu bagaimana cara mendapatkan backlink dari google dengan mudah bahkan sampai ribuan? Entah kenapa Saya katakan mudah, sebab google mempunyai banyak situs yang tanpa kita sadari dapat membuat backlink secara otomatis.

Baca ini: Cara Ampuh Meningkatkan Pageview

kita bisa meninggalkan banyak anchor text pada situs google yang mengarah pada situs kita. Contohnya, backlink dari google plus, google site dan forum webmaster, dari situs-situs ini kita bisa memanfaatkanya dengan baik dan cerdas.

Berikut sumber backlink dari google :

1. Sumber Backlink

Sebelum membahas dengan rinci bagaimana cara mendapatkan backlink dari google ini, alangkah baiknya kita mengetahui sumber backlink yang berasal dari google. Link-link yang dapat diperoleh sebagai sumber backlink antara lain adalah:

⚫Sumber Backlink Blogwalking
⚫Sumber Forum
⚫Sumber Social Bookmarking
⚫Sumber Artikel Direktori
⚫Sumber Social Media
⚫Sumber Dari Web 2.0
⚫Dan Sumber lain

2. Cara mendapatkan Backlink

Mari kita ulas satu persatu bagaimana cara mendapatkan backlink dari google melalui link diatas.

Sumber backlink dari blogwalking

Untuk mendapatkan Backlink dari Blogwalking ini sangat salah satu cara yang sering dilakukan para publisher atau blogger untuk mendapatkan backlink yang mengarah ke situs mereka, caranya adalah dengan berkunjung ke blog lain dengan berkomentar dan meninggalkan URL.

Namun hal yang harus di perhatikan adalah jangan pernah berkomentar yang tidak baik, berkomentar lah yang baik-baik agar tidak di anggap spam oleh admin/ pemilik blog, dan berkomentar lah yang sesuai (relevan) dengan isi blog tersebut agar sesuai dengan isi dan maksud dari isi blog.

Sumber dari forum

Menaruh backlink di setiap forum saat ini adalah salah satu cara yang sangat ampuh dan banyak sekali di lakukan oleh para publisher, saat ini banyak sekali forum yang dapat kita temukan di internet dan daftar lah sebagai user/member dan taruhlah backlink yang mengarah ke URL anda.

Usahakan masuk ke forum yang ssesuai dengan thema isi blog nya ya, banyak forum-forum yang cukup popular seperti kasku.co.id, selain itu ada lagi forum yang sangat popular saat ini seperti ads-id adalah forum publisher Indonesia.

Sumber dari sosial bookmarking

Social bookmarking ini tak lain bertujuan untuk memudahkan si user menyimpan link URL, dari situs-situs yang mereka senangi/sukai, dengan maksud agar mudah di cari dan dikunjungi, hal ini banyak di lakukan para blogger untuk meningkatkan kualitas seo mereka.

Baca Juga: 5 Tahapan Agar Artikel Berada Di Halaman Pertama Google

Contohnya search google pun akan menjelajahi di setiap halaman social bookmark hal ini untuk mendeteksi atau mengetaui halaman mana saja yang sering di lihat/kunjungi di internet, tentu saja akan sangat berpengaruh di search engine google.

Sumber dari artikel direktori

Penjelasan singkat tentang artikel direktori adalah artikel yang di submit di situs-situs artikel direktori, hal ini banyak dilakukan para marketing online, yang untuk membangun atau mendapatkan backlink, cara untuk mendapatkan backlink dari artikel direktori adalah dengan mensubmit URL ke situs-situs artikel direktori seperti  Ezinearticles.com , Articlebase.com, artikeloke.com, dan mungkin masih banyak lagi.

Sumber dari sosial media

Backlink ini berasal dari social media seperti Google plus, Twitter, Facebook, backlink yang bersumber dari social media adalah backlink yang sangat berkualitas, walaupun Nofollow tetapi tetap bernilai positif di mata mesin pencari google.

Google Plus Teknik mendapat backlink dari google kedua yaitu menggunakan sosial media Google plus. Share postingan blog anda sesering mungkin, agar mendapatkan backlink nofollow dari google. Walaupun backlinknya nofollow tapi backlink dari google plus ini dapat membuat blog kita memperoleh posisi SERP yang bagus di search engine.

Hal ini juga sangat baik untuk menambah atau meningkatkan visitor dari social media, andai saja kita mempunyai teman 1000 dan follower 1000 jika separuh nya saja yang meng klik ke url yang kamu tanamkan sudah banyak bukan untuk menambahkan visitor ke blog / website kita. Jadi semakin banyak memiliki teman dan follower tentu samakin banyak pula pengunjung yang datang dari social media.

Sumber backlink dari web 2.0

Untuk mendapatkan backlink dari Web 2.0 ini sangat baik, karena kita yang membuat sendiri dengan penyedia situs-situs Gratis. Ada beberapa situs backlink seperti blogger, wordpress, mywapblog, detik.com dan mungkin masih banyak lagi backlink yang bersumber dari WEB 2.0 ini adalah backlink yang terpercaya dan sangat efektif untuk SEO.

Backlink dari sumber lain

Google site Dengan layanan gratis google site kita dapat membuat website (bukan blog) dengan gratis dengan nama site subdomain google. Teknik menanam backlinknya yaitu dengan cara membuat postingan melalui site yang sudah anda buat dan sisipkan link blog situs kita didalam postingan sebanyak mungkin.

Namun perlu kita ingat, jika anda menyisipkan link pada postingan site, hendaknya buat postingan yang natural agar terkesan alami, supaya tidak dianggap spam. Backlink google site ini termasuk dofollow, jika kita rajin buat postingan di site dan menyisipkan banyak link yang mengarah pada blog kita, maka ribuan backlink dari google bisa dengan mudah anda dapatkan.

Produk google lain, Produk google lainnya juga ada yang bisa digunakan untuk menanam backlink, contohnya google drive.

Hadiah dari google, Jika tulisan atau postingan anda mampu menempati page one google dengan hasil pencarian keyword tertentu, karena postingan mempunyai kualitas atau berbobot. Maka google otomatis akan memberikan backlink ke blog anda melalui link hasil pencarian tersebut.

Artikel Lainnya: Cara Fetch As Google Dengan Benar

Saya rasa cukup sekian penjelasan singkat tentang backlink. Yang harus selalu diingat adalah jangan terlalu banyak mengumpulkan backlink dalam waktu singkat, sebab blog akan dianggap spam oleh mesin pencari yang justru akan memperburuk seo blog anda.

Lakukan untuk mendapatkan backlink dengan cara yang natural atau manual mungkin agak memakan waktu yang cukup lama tetapi sangat baik untuk SEO, Terimakasih, semoga postingan ini bermanfaat.

Post a Comment

Previous Post Next Post