Apakah jumlah page view anda kurang memuaskan? Ingin pengunjung bertahan lebih lama dan melihat konten yang ada dilaman web Anda?
Membuat pengunjung untuk bertahan di website Anda lebih dari beberapa detik memang cukup sulit, terlebih lagi mendorong mereka untuk membaca konten lainnya. Padahal, dalam menganalisa data pengunjung website, page views merupakan suatu pengukur yang penting untuk diperhatikan.

Kebanyakan pengunjung yang datang ke website Anda tidak memiliki waktu untuk melihat-lihat lebih dari satu halaman. Bounce rate Anda meningkat setiap pengunjung meninggalkan website Anda dengan hanya satu page view. Meskipun page views rendah itu bukan pengukur rendahnya kualitas konten sebuah website, namun ini berarti bahwa pengunjung tidak tertarik dengan konten lainnya karena Anda tidak memberikan cara yang tepat untuk menavigasi blog Anda.

Rendahnya page views juga menunjukkan kualitas user experience (UX) yang buruk.
Apa itu user experience? Menurut Wikipedia, istilah user experience berarti emosi dan perilaku seseorang dalam menggunakan suatu produk, sistem, atau jasa. UX juga tidak hanya terkait dengan user interface (UI) tetapi juga terkait dengan pengalaman pengunjung saat berkunjung ke website Anda. Kurangnya antusiasme pengunjung untuk melihat konten lainnya juga menyebabkan rendahnya tingkat keterlibatan yang pada akhirnya dapat mengurangi tingkat konversi. Ini semua bisa membuat website Anda kurang efektif dalam penjualan.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa page views begitu penting dan bagaimana Anda bisa meningkatkannya.

Page View vs Unique Visitor

Meningkatkan page views website Anda harus menjadi salah satu tujuan penting bagi setiap webmaster. Dari sudut pandang user experience, page views adalah indikasi kualitas sebuah website yang jauh lebih penting dibanding “visits” atau unique visits”.
Contohnya:
Website A: unique visitors 21.000, page views 22.512
Website B: unique visitors 19.271, page views 53.165
Jika Anda melihat dari data di atas tentu akan berpikir bahwa website A jauh lebih unggul dengan kualitas website yang tinggi karena jumlah unique visits nya. Padahal website A tidaklah lebih unggul karena jumlah page views nya yang sedikit.

Website A:
Rata-rata page views per visit: total page views/unique visitors= 22512/21000= 1.1

Ini menunjukkan bahwa setiap pengunjung tidak tertarik untuk membaca konten lainnya di website ini. Pengunjung hanya akan membaca satu konten lalu menutup website Anda.

Website B:
Rata-rata page views per visit: total page views/unique visitors= 53165/17251= 3.08

Ini menunjukkan bahwa website B jauh lebih unggul dibanding website A karena berarti pengunjung membaca atau melihat setidaknya tiga halaman sebelum akhirnya meninggalkan website Anda. Ini juga berarti bahwa website B memiliki kualitas user experience yang lebih baik serta berhasil memaksimalkan setiap unique visitors untuk melihat konten lainnya. Selain itu, jumlah rata-rata page views setiap kunjungan yang tinggi juga menunjukkan bahwa website B menawarkan konten ke pengunjung yang sesuai.

Jika dilihat dari kacamata finansial, page views yang lebih tinggi memberikan pemasukan yang lebih baik (baik melalui AdSense, penjualan, CPM, dan lainnya).

Alasan Untuk Meningkatkan Page View

1. Meningkatkan pendapatan melalui iklan. Jika Anda berencana untuk menjual ruang untuk iklan di website Anda maka sebagian besar pengiklan ingin mengetahui jumlah page views Anda karena page views berhubungan langsung dengan seberapa sering konten Anda dilihat dan seberapa sering iklan tersebut terlihat.
Page views yang tinggi dapat meningkatkan pendapatan dari iklan. Secara garis besar, semakin tinggi page views Anda, semakin banyak pula pendapatan dari iklan dan nilai website Anda juga akan semakin naik.

Meskipun Anda tidak berencana memasukkan iklan dalam website Anda, iklan online bisa berbentuk apa saja mulai dari iklan banner yang sederhana, link afiliasi ke post dari sponsor dan featured content.

2. Meningkatkan conversion rate atau tingkat konversi Anda. Semua website memiliki tujuan, dan jika tujuan website Anda adalah bisnis tentu Anda ingin meningkatkan tingkat konversi. Salah satu cara untuk membuat pengunjung membeli produk atau menggunakan jasa Anda adalah dengan bergabung dengan email list atau membuat mereka bertahan di website Anda dalam durasi selama mungkin.

Artikel Terkait: Lakukan Fetch As Google Agar Postingan Terindeks Google

Semakin lama pengunjung menghabiskan waktu di website Anda, semakin mudah untuk mendapatkan kepercayaan mereka dan membuat mereka membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
Kedua manfaat di atas adalah alasan mengapa page views wajib menjadi prioritas utama Anda dalam meningkatkan penjualan, pendaftaran, dan langganan. Lalu bagaimana cara meningkatkan viewer untuk artikel baru? Berikut ini rangkaiannya..

6 cara meningkatkan viewers khususnya pada artikel yang baru dipublish:

#1 - Manfaatkan jejaring sosial media
Share juga di fanspage facebook anda dan juga di twitter, alangkah baiknya jika anda seorang pemburu view halaman, buat share otomatis ke media sosial seperti facebook, twitter dan media sosial lainnya, silahkan gunakan tool pihak ke 3 yang sudah banyak tersedia yang dapat memfasilitasi keperluan tersebut, sehingga anda tidak harus repot-repot melakukan share secara manual setiap kali anda selesai menerbitkan artikel.

Jika akun media sosial anda memiliki banyak sekali follower atau memiliki banyak pertemanan dan apalagi sesuai dengan target niche artikel anda, maka tidak dipungkiri cara ini sangat efektif untuk meningkatkan view blog anda, bahkan pengunjung blog andapun akan semakin meningkat.

#2 - Share otomatis ke google+
Cara berikutnya yang cukup ampuh meningkatkan view halaman untuk artikel baru adalah melakukan share ke google +, pastikan bahwa blog anda sudah terhubung secara otomatis dengan akun google+ anda, sehingga setiap artikel diterbitkan maka akan muncul di postingan google +, jika anda memiliki relasi pertemanan atau follower akun google+ anda banyak, maka ini adalah salah satu potensi untuk meningkatkan view artikel baru anda.

Baca juga: Pilih Blogger Atau Wordpress?

Share sebaiknya jangan dilakukan secara manual, apalagi dalam jumlah yang banyak menuju artikel yang sama, karena khawatir dianggap spam oleh google+, pada akhirnya anda tidak diizinkan lagi untuk share ke blog yang bersangkutan. biarlah member google+ lainnya yang melakukan share berikutnya, jika judul anda menarik dan isi artikel anda berkualitas, maka tanpa anda mintapun akan banyak yang hsare artikel anda.

#3 - Sajikan daftar post terbaru
Yang berikutnya untuk meningkatkan viewer artikel baru adalah, menyajikan daftar post terbadu pada halaman blog anda, sehingga setiap daftar artikel baru yang anda publish akan tercantum disana, ini memberikan kesempatan kepada pengunjung blog anda, untuk melihat artikel baru yang baru saja anda terbitkan. dan memang terbukti dengan menyajikan daftar artikel terbaru, bisa meningkatkan view artikel yang bersangkutan.

Daftar postingan terbaru bisa anda letakan di area sidebar halaman blog anda, biasanya menggunakan widget khusus, anda bisa mencarinya karena banyak sekali para blogger yang menyajikan widget ini, sehingga setiap artikel baru yang anda terbitkan secara otomatis akan muncul di widget ini, atau anda juga bisa menggunakan cara manual dengan langsung menuliskan link ke artikel baru anda di widget blog HTML/Javascript, namun akan sangat merepotkan.

#4 - Bagi artikel menjadi beberapa halaman
Cara ini banyak sekali ditemukan di artikel-artikel berita, artikel dibagi menjadi beberapa page, sehingga anda mau tidak mau harus menekan tombol next page atau paginasi angka untuk menyelesaikan membaca artikel secara keseluruhan, dan tahukah anda itu adalah teknik yang digunakan untuk meningkatkan view artikel yang bersangkutan.

Ada banyak tujuan kenapa pemilik blog menggunakan trik seperti ini, biasanya terkait dengan monetisasi blog yaitu upaya untuk meningkatkan pendapatan dari blog dari jenis iklan perseribu tayang, jadi jika iklan tayang 1.000 kali maka si penayang iklan akan mendapatkan penghasilan, salah satu cara yang sering digunakan adalah refresh halaman otomatis atau dengan membagi artikel menjadi beberapa halaman, walaupun untuk beberapa pengunjung teknik seperti ini menjengkelkan namun memang tidak dipungkri dapat meningkatkan view halaman.

#5 - Buat internal link di artikel relevan yang populer
Cara berikutnya untuk meningkatkan view untuk artikel baru anda adalah membuat internal link di artikel relevan yang sudah lebih dulu populer, setelah anda selesai mempublish artikel, silahkan edit artikel lama anda yang relevan dengan artikel baru anda yang baru anda terbitkan pilih artikel lama yang sudah lebih dulu populer, kemudian, edit dan masukan internal link ke artikel baru anda, cara ini cukup ampuh meningkatkan view untuk artikel postingan baru, apalagi judul artikel postingan baru anda sangat menarik dan membuat penasaran tentu view artikel baru anda akan cepat meningkat.

#6 - Buatlah judul artikel yang menarik
Yang pertama yang harus anda perhatikan sebelum membuat artikel adalah menentukan judul yang menarik, buatlah judul yang menarik pembaca, karena ketika judul artikel anda ditemukan baik di media sosial ataupun di halaman blog anda, seperti misalnya  di popular post di daftar post terbaru mapun di related post atau di internal link di artikel relevan lainnya, maka judul tersebut akan mampu memikat pembaca untuk mengunjungi artikel postingan baru anda, sehingga dapat meningkatkan view artikel tersebut. jangan lupa untuk menyajikan artikel yang berkualitas yang pantas untuk dibaca dan memberikan informasi lengkap mengenai judul yang anda sajikan.

Artikel lainnya: Manfaat dan Keuntungan Seorang Penulis

Intinya buatlah judul yang akan membuat pembaca anda penasaran, ada banyak sekali blogger pengalaman yang sudah menyajikan artikel bagaimana cara membuat judul menarik, silahkan anda gunakan referensi dari blog tersebut untuk membuat judul artikel anda.

Itulah uraian tentang 6 cara efektif meningkatkan vage view untuk artikel postingan baru, semoga trik diatas bekerja sangat baik untuk artikel blog anda dalam upaya meningkatkan view artikel-artikel yang terdapat pada blog anda, semoga bermanfaat.

Post a Comment

Previous Post Next Post